Informasi alat medis dan dunia kedokteran

Informasi alat medis dan dunia kedokteran

5 Alasan Kenapa Anda Harus Stop Makan Makanan Kemasan Mulai Hari Ini

Stop Makan Makanan Kemasan!

  Stop Makan Makanan Kemasan – Siapa yang tak pernah konsumsi makanan kemasan? Dimulai dari susu, juice, daging olahan, buah-buahan, sampai camilan, semua sudah ada bentuk kemasanya. Tidak bisa dipungkiri bahwa makanan kemasan menjadi sisi di kehidupan beberapa orang.

Tetapi, dibalik semua keringanan itu, ada beberapa bahaya makanan kemasana yang tidak baik bagi kesehatan tubuh Anda. Baca artikel ini jika Anda tidak yakin. Bahaya makanan kemasan untuk kesehatan tubuh.

1. Tak Bernutrisi

Biasanya makanan berkemasan memiliki kandungan gizi yang paling rendah dibanding makanan fresh. Masalahnya makanan kemasan harus melalui berbagai tingkatan produksi yang membuat nilai nutrisi pada makanan menyusut.

Untuk gantikan gizi yang lenyap, produsen makanan paket akan menambah serat, vitamin, dan mineral sintetis pada proses yang disebutkan fortifikasi. Tetapi ini tidak dapat gantikan kebaikan dari gizi alami yang terdapat di dalam makanan.

2. Mengandung Gula, Garam, dan Lemak Trans Yang Tinggi

Gula, garam, dan lemak trans biasa terdapat di dalam makanan paket dengan jumlah tinggi. Berikut sebagai bahaya makanan kemasan untuk tubuh, sebab bisa tingkatkan risiko Anda terserang penyakit

Ke-3 kandungan itu dapat berpengaruh buruk pada kesehatan Anda bila dimakan dengan jumlah berlebihan. Konsumsi gula yang tinggi bisa mengusik metabolisme dan menyumbangkan kalori berlebihan dalam tubuh.

Ini selanjutnya dapat mengakibatkan kekebalan insulin, meningkatkan kandungan trigliserida, meningkatkan kandungan kolesterol jahat, dan bahkan mengakibatkan penimbunan lemak di hati dan rongga perut.

Kelebihan mengonsumsi garam dapat berpengaruh buruk juga untuk kesehatan. Kebanyakan garam pada tubuh bisa mengakibatkan volume darah, hingga membuat jantung bekerja lebih keras. Hal tersebut membuat pembuluh darah menyempit, sehingga tekanan darah Anda akan naik.

3. Mengandung Bahan Kimia Buatan

Bila Anda suka membaca info yang berada di paket makanan, tentu Anda pernah mendapati beragam nama bahan yang Anda tidak tahu. Itu kemungkinan bahan kimia buatan yang sengaja ditambah dengan tujuan tertentu.

Pada umumnya, makanan kemasan ada bahan pengawetnya, pewarna makanan, penambah rasa, pemberi struktur, sampai berbagai tipe pemanis buatan. Tambahan bahan kimia ini mempunyai tujuan supaya makanan kemasan memiliki rasa yang diharapkan dan bisa tahan lama.

Meskipun beberapa bahan kimia itu sudah terbukti aman, tetapi kemungkinan ini tidak 100% aman untuk kesehatan jangka panjang. Faktanya, tambahan pemanis buatan sirup jagung tinggi fruktosa pada banyak minuman dan makanan sudah disambungkan dengan kegemukan, diabetes, penyakit jantung, bahkan juga kanker.

4. Bikin Gemuk

Makanan kemasan biasanya memiliki rasa yang sedap, dan pasti semua orang menyukainya. Beberapa produsen makanan tahu jika konsumen suka dengan makanan yang manis, asin, dan berlemak. Karena itu mereka membuat makanan dengan rasa demikian. Membuat konsumen  untuk selalu membeli produknya. Ditambahkan lagi, kemasan yang kecil membuat Anda tidak sadar telah makan seberapa banyak.

Beberapa riset juga menunjukkan jika kandungan pada makanan kemasan dapat membuat Anda makan semakin banyak dari yang Anda perlukan, seperti dikutip dari Medical News Today.

Otak Anda kemungkinan telah susah memahami bagaimana rasa kenyang. Sehingga Anda tidak dapat stop konsumsi makanan paket. Terkadang, Anda kemungkinan “suka” ingin makan kembali dan kembali sampai kenyang. Tanpa sadar, Anda telah makan terlalu banyak makanan kemasan.

5. Kemasannya Mengandung Senyawa Berbahaya

Tidak hanya kandungan pada makanan yang dapat berbahaya untuk kesehatan, tetapi kemasan makanannya juga dapat berbahaya untuk kesehatan. Beberapa bahan kimia yang terdapat di dalam kemasan makanan dan dapat berbahaya untuk kesehatan. Ini adalah bahaya makanan kemasan yang akan ada dalam jangka panjang.

Ini juga sudah dibuktikan oleh riset dalam Journal of Epidemiology and Community Health. Bahan kimia  yang terdapat di dalam makanan berkemasan dapat terlarut dalam makanan yang Anda makan, hingga  ke tubuh.

Nah itu adalah Alasan mengapa Anda harus Stop Makan Makanan Kemasan! Sayangi tubuh Anda dengan makan makanan sehat. Karena kesehatan sangat mahal dan tidak mudah menyembuhkan yang sudah terlanjut sakit. Lebih baik mencegah sebelum mengobati!