Cara Membersihkan Pusar Yang Benar

cara membersihkan pusar yang benar

Cara Membersihkan Pusar yang Benar  – Seberapa kerap Anda bersihkan pusar? Apa setiap hari, satu minggu sekali, atau justru tak pernah benar-benar? Sayang, ada banyak yang belum mengetahui begitu penting untuk bersihkan anggota tubuh yang ini secara periodik. Oleh karena itu, sebaiknya Anda ketahui  langkah-langkah bersihkan pusar di artikel ini.

Pusar alias udel terhitung dalam salah satu anggota tubuh yang biasa jarang untuk dibersihkan. Pusar yang kotor dapat mengkeluarkan bauh yang tidak sedap. Masalahnya, karena semua kotoran, debu, sabun, pelembab, dan keringat yang menimbun di pusar menjadi sarang empuk untuk kuman untuk berkembang biak. Hal tersebuat menimbulkan bauh yang tidak sedap.

Anda dapat teriritasi, reaksi alergi, infeksi, sampai pusar Anda rawan alami beragam masalah kesehatan. Lalu, bagaimanakah cara bersihkan  pusar atau udel yang betul? Yuk, simak cara-cara berikut ini.

Dua Tipe Pusar Manusia

Pada umumnya, manusia mempunyai dua tipe pusar, yakni outie dan innies. Pusar “outie” ialah panggilan untuk pusar yang mencolok keluar alias pusar bodong. Sementara pusar “innies” ialah pusar yang masuk ke dalam. Untuk bersihkan pusar outie, Anda dapat mengorek pusar Anda memakai kain atau lap yang halus.

Bila Anda salah satunya orang yang mempunyai pusar masuk ke, Anda dapat memakai cutton bud untuk mencapai kotoran yang berada di dalam pusar.

Tetapi baiknya, sekurang-kurangnya Anda dapat bersihkan pusar satu minggu sekali sebagai sisi dari kebersihan diri dan mengaplikasikan sikap hidup bersihan dan sehat (PHBS) yang fundamental. Berikut cara-cara bersihkan pusar yang kotor dengan benar dan baik.

1. Membersihkan Pusar Saat Mandi

Cara bersihkan pusar termudah dan pas ialah saat mandi. Supaya pusar selalu bersih, berikut langkah yang dapat Anda kerjakan untuk bersihkan kotoran di udel.

Sesudah Anda usai mandi, pakai gayung untuk menambahkan air dengan sabun mandi seperlunya. Kemudian, celup kain itu ke air kombinasi sabun, lalu membersihkan sisi sekitaran pusar dengan mengusapnya secara halus.

Janganlah lupa untuk mencuci pusar Anda sama air bersih sesudah Anda usai membersihkan. Anda dapat memakai air garam untuk mencuci pusar Anda sesudah Anda usai membersihkan. Sesudah pastikan pusar telah pada kondisi bersih, pakai lap kering yang bersih dan halus untuk keringkan sisi pusar Anda.

2. Membersihkan Pusar Pakai Baby Oil

Untuk mengaplikasikan langkah bersihkan pusar yang ini, bagusnya Anda melakukan dalam sikap badan tiduran. Pertama kali, teteskan baby oil dalam lubang pusar dan biarkan sepanjang lebih kurang 10 menit. Sesudah kotoran pusar melunak, gosok secara perlahan-lahan dan halus pusar Anda dengan kapas supaya kotoran terangkut.

Bila Anda mempunyai pusar innies atau pusar yang masuk ke, Anda dapat memakai cotton bud untuk yang mempermudah mengorek kotoran. Selainnya memakai baby oil, Anda dapat gunakan minyak kelapa, minyak zaitun, atau losion badan.

3. Membersihkan Pusar Menggunakan Scrub

Anda dapat memakai scrub alami yang dibuat dari sedikit air dan kopi bubuk. Triknya hampir serupa seperti memakai lulur di badan. Tetapi, saat menggosokannya lulur di pusar, Anda wajib melakukannya secara perlahan-lahan dan halus. Ini karena kulit yang ada pada bagian pusar Anda benar-benar tipis, peka, dan rawan iritasi.

4.  Menggunakan Air Lemon

Selain memakai serbuk kopi, Anda bisa juga memakai air lemon sebagai langkah alami untuk bersihkan pusar. Triknya lumayan gampang, yakni rendam kapas dengan perasan air lemon. Selanjutnya gosok halus tempat pusar dengan kapas yang telah direndam.

Membersihkan dengan air lemon dapat menolong untuk menghilangkan bauh. Karena  ada banyak kotoran yang menumpuk di pusar. Dalam beberapa kasus, bila Anda sudah meremehkan pusar Anda sepanjang tahun, Anda kemungkinan harus ke dokter untuk membersihkan secara detail.

Ingat, salah satunya pemicu khusus dari pusar yang berbauh ialah tersisa sabun yang berada di pusar dan tidak  dibersihkan dengan teratur.

Nah, itu adalah beberapa cara membersihkan pusar yang benar. Anda bisa mencobanya langsung ya. Semoga bermanfaat.