7 Manfaat Makan Kuaci, Biji Bunga Matahari yang Biasanya Dijadikan Camilan

7 Manfaat Makan Kuaci, Biji Bunga Matahari yang Biasanya Dijadikan Camilan

7 Manfaat Makan Kuaci, Biji Bunga Matahari yang Biasanya Dijadikan Camilan – Kuaci sering jadi cemilan enteng karena membuat suka. Masalahnya selain ukuran yang kecil-kecil, konsumsi kuaci yang telah diberi bumbu membuat makanan ini jadi makin nikmat.

Tahukah Anda berkenaan faedah kuaci atau biji bunga matahari untuk kesehatan badan? Yok, lihat apa manfaat kesehatan dari kuaci atau biji bunga matahari.

Biji bunga matahari sendiri dipanen dari sisi kepala bunga matahari. Umumnya, satu kepala bunga matahari memiliki kandungan sekitaran 2.000 biji. Bila dilihat dari nilai nutrisi yang ada didalamnya, tipe cemilan beberapa bijian yang ini tawarkan faedah kesehatan yang baik sekali untuk penuhi keperluan nutrisi Anda.

Berikut adalah penjelasan dari manfaat makan  kuaci alias biji bunga matahari untuk kesehatan tubuh:  Yuk, langsung kita bahas ya manfaatnya.

1. Membantu Mencegah Penyakit Kanker

Salah satu manfaat makan kuaci adalah sebagai pengatur kerusakan sel hingga berperanan penting dalam menahan gempuran kanker. Hal itu karena kuaci memiliki kandungan selenium yang disebut lawan khusus sel kanker. Selenium sudah bisa dibuktikan memacu pembaruan DNA dan sintesis dalam sel yang hancur. 

Disamping itu, selenium sanggup menghalangi perkembangan dan mematikan sel kanker. Tidak hanya itu sahabat, kandungan vitamin E pada kuaci atau biji bunga matahari bermanfaat untuk membuat perlindungan beberapa sel tubuh dari kerusakan karena radikal bebas.

2. Camilan Aman Untuk Berat Badan

Ingin ngemil tanpa cemas berat tubuh naik? Anda harus mencoba kuaci sebagai cemilan setiap hari. Sebuah riset yang ada di jurnal Nutrients mengikutsertakan 50 simpatisan memiliki tubuh kegemukan. 

Beberapa simpatisan disuruh untuk konsumsi konsentrat biji bunga matahari sepanjang 12 minggu. Hasilnya, terjadi pengurangan yang berarti pada berat tubuh, indeks massa badan (BMI), dan lingkar pinggang sesudah konsumsi konsentrat bunga matahari.

3. Mengurangi Stress

Kuaci, yang juga dikenal sebagai makanan untuk hamster, punyai manfaat untuk memudahkan depresi bahkan juga kurangi resiko kekuatiran.

Ini karena kandungan magnesium yang tinggi dalam kuaci atau biji bunga matahari. Study dari jurnal Neuropharmacology memperlihatkan jika magnesium punya pengaruh positif pada peranan otak untuk kurangi depresi dan kekuatiran.

4. Menyehatkan Kulit

Sudah tidak diragukan kembali bila kuaci memiliki kandungan banyak vitamin E didalamnya. Nach, kandungan vitamin E yang tinggi pada kuaci rupanya dapat memberikan faedah untuk kulit Anda.

Vitamin E yang terdapat di dalam kuaci sanggup sehatkan dan jaga kulit dari pancaran cahaya ultraviolet matahari. Di lain sisi, kandungan antioksidan yang tinggi pada kuaci menolong mengobati cedera di kulit bisa lebih cepat.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Apabila Anda menderita diabetes dan ingin makan cemilan tanpa cemas gula darah naik, Anda dapat pilih biji bunga matahari alias kuaci. Manfaat ini dapat Anda peroleh dengan teratur konsumsi kuaci tiap hari.

Ini diperhitungkan karena biji bunga matahari memiliki kandungan asam klorogenat yang dipercaya mampuh menurunkan kandungan gula pada darah.

6. Baik Untuk Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Kuaci memiliki kandungan asam lemak tidak jemu, khususnya yang sejenis asam linoleat. Nah, kandungan asam linoleat dalam kuaci ini memberikan faedah dalam mempertahankan kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Menurut sebuah artikel dari The Journal of Nutritional Biochemistry, asam linoleat menolong badan menghasilkan senyawa yang bisa merilekskan pembuluh darah. Hasilnya, saluran darah lebih lancar dan tekanan darah turun. Dengan mempunyai tekanan darah yang teratur, Anda akan terbebas dari resiko penyakit jantung.

7. Melancarkan Pencernaan

Makanan yang kaya kandungan serat telah dikenali bisa menolong membuat lancar mekanisme pencernaan. Manfaat  ini bisa juga Anda dapatkan dari kuaci atau biji bunga matahari karena mempunyai kandungan serat yang lumayan tinggi. Serat bisa menolong membuat lancar BAB dengan atur peresapan makanan dan metabolisme badan.

Nah itu adalah 7 manfaat makan  kuaci, biji bunga matahari yang biasanya dijadikan camilan.