7 Cemilan Pelancar ASI yang Bisa Ibu Coba Sebagai ASI Booster

7 Cemilan Pelancar ASI

Nutrisi ibu menyusui dapat didapat dari berbagai tipe makanan, termasuk 7 cemilan pelancar ASI di artikel kali. Seorang ibu perlu mengkonsumsi banyak kalori untuk diteruskan ke sang kecil melalui ASI. Berikut daftar cemilan pelancar ASI yang dapat bertindak selaku ASI booster.

Ibu menyusui perlu konsumsi beragam tipe makanan supaya rasa ASI bervariatif. Berdasarkan situs Ikatan Dokter Indonesia (IDAI), rasa ASI dapat berbeda sesuai makanan yang ibu konsumsi.

Rasa yang berbeda ini jadi stimulan untuk indera pengecapan bayi dan membuat sang kecil mengenali berbagai rasa. Beberapa makanan yang ibu konsumsi bisa juga tingkatkan produksi ASI. Berikut adalah 7 cemilan pelancar ASI yang dapat ibu konsumsi saat ASI seret.

1. Produk olahan Susu

Cemilan yang pertama adalah produk dari olahan susu. Selama kehamilan dan menyusui, ibu perlu memenuhi keperluan kalsium untuk kemampuan tulang dan gigi. Peroleh Panduan Parenting Terbaru Turuti newsletter kami untuk memperoleh informasi paling dipercaya setiap minggunya untuk tumbuh kembang anak lebih bagus.

Kalsium berperanan penting dalam mengurangi resiko osteoporosis atau pengapuran tulang. Cemilan pelancar ASI yang dapat ibu menyusui coba ialah beragam produk buatan susu seperti susu, yoghurt, dan keju. Yogurt termasuk juga makanan yang memiliki kandungan probiotik dan protein yang berguna untuk pencernaan.

Berdasarkan  National Academy of Sciences, keperluan kalsium untuk ibu menyusui ialah 1000 miligram setiap hari. Karena itu, ibu perlu konsumsi makanan, cemilan, sampai suplemen tambahan.

2. Kacang-kacangan

Sambil menyusui sang kecil, ibu dapat makan kacang-kacangan sebagai cemilan. Kacang-kacangan jadi sumber protein, zat besi, dan serat yang bagus untuk memproduksi ASI.

Cemilan pelancar ASI yang ini memiliki kandungan banyak mineral dan fitokimia atau fitonutrien alami. Fitokimia ini berguna untuk: tingkatkan ketahanan tubuh,, kurangi infeksi,

Tidak ada tipe kacang tertentu, ibu dapat konsumsi beragam tipe kacang-kacangan sebagai cemilan pelancar ASI. Dimulai dari kacang polong, almond, bahkan juga sauce kacang sebagai bumbu salad bisa juga.

3. Teh Susu Jahe

Rempah-rempah yang ini bukan hanya dapat ibu gunakan untuk masakan atau jamu, tapi juga cemilan untuk pelancar ASI. Berdasar riset dari Breastfeeding Medicine, jahe dapat menolong produksi ASI saat geret atau mungkin tidak lancar.

Periset lakukan riset pada 63 ibu menyusui, 30 ibu konsumsi jahe berbentuk kapsul dan 36 yang lain placebo (obat palsu yang dibikin serupa asli). Hasilnya, ibu yang yang konsumsi jahe mempunyai produksi ASI yang semakin banyak. Ini karena hormon prolaktin pada tubuh ibu bertambah saat konsumsi jahe.

4. Telur Rebus

Ingin cemilan pelancar ASI yang mengenyangkan? Ibu dapat coba telur rebus. Makanan yang ini pasti gampang ibu buat dan dapatkan. Mencuplik dari Stanford Health, telur tinggi kandungan protein, kolin, lutein, vitamin B12, vitamin D, riboflavin, dan asam folat.

Kandungan itu berperanan dalam kenaikan hormon prolaktin yang perlu untuk memproduksi ASI. Ibu dapat konsumsi telur rebus pada pagi hari untuk menu makan pagi atau cemilan bersama sayur lain sebagai pelancar ASI.

5. Kurma

Buah yang ini dapat ibu menyusui konsumsi sebagai cemilan dengan beragam langkah. Sebagai contoh, langsung ibu makan atau menambahkannya dengan susu UHT hingga jadi susu kurma.

Kurma memiliki kandungan gula alami yang dapat tingkatkan energi ibu sepanjang menyusui bayi. Disamping itu, kandungan kalsium dan serat dalam kurma berguna untuk kemampuan tulang dan pencernaan ibu.

6. Ubi

Jenis tanaman umbi-umbian yang ini dapat ibu konsumsi sebagai cemilan pelancar ASI karena tinggi vitamin A. Vitamin A berperanan dalam pandangan, perkembangan tulang, dan ketahanan tubuh. Ubi mempunyai rasa yang manis, hingga menjadi pengenalan pada lidah bayi saat menyusui. Ibu dapat memproses ubi dengan kukus atau bakar, samakan dengan hasrat.

7. Popcorn

Ibu dapat makan popcorn bukan hanya saat melihat film, tapi bisa juga saat menyusui sang kecil. Popcorn dapat berperanan sebagai pelancar ASI karena bahan khusus jagung yang mempunyai serat tinggi. Cemilan yang ini memiliki kandungan serat tinggi yang menolong ibu terbebas dari sulit BAB sesudah melahirkan.

Jika ibu cemas dengan kalorinya, tak perlu menambah bahan lain seperti gula, karamel, atau perasa yang lain. Nanti justru membuat terlampau manis dan kurangi faedah baik dari jagung letup ini.

Nah, sahabat kedokteran itu adalah 7 cemilan pelancar ASI yang dapat kami bagikan. Semoga kamu ibu menyusui terbantu dengan informasi ini.

Tetap stay healthy dan stay safe ya!