Informasi alat medis dan dunia kedokteran

Informasi alat medis dan dunia kedokteran

5 Penyakit yang Bisa Menyerang Anda di Kolam Renang

5 Penyakit yang Bisa Menyerang Anda di Kolam Renang

5 Penyakit yang Bisa Menyerang Anda di Kolam Renang – Sebelum cepat-cepat nyebur ke kolam renang, bagusnya Anda stop sesaat untuk memperhatikan artikel ini.

Berenang yang semestinya jadi aktivitas wisata di akhir minggu rupanya sembunyikan beberapa resiko kesehatan. Ada banyak penyakit beresiko di kolam renang yang mengincar tiap pengunjungnya

 

Mayoritas kolam renang umum sudah disterilkan dengan kaporit untuk membunuh beberapa bakteri bakteri yang menyebar di air kolam. Tetapi tidak berarti kolam renang umum terjaga aman seutuhnya.

Dampak desinfektan dari kaporit dapat memerlukan waktu lumayan lama dan tidak sanggup membunuh semua tipe bakteri yang berada di kolam. Lalu, apa penyakit di kolam berenang yang perlu dicurigai? Resiko penyebaran penyakit di kolam renang

1.Diare

Diare sesudah berenang disebabkan karena beragam bakteri yang dapat ditemukan di air kolam renang. Sebutlah saja Shigella, Cryptosporidium, Norovirus, E. coli, dan Giardia intestinalis. Beberapa parasit ini ditemukan dalam kotoran manusia, hingga dapat menyebar saat Anda tidak sengaja menelan air kolam yang tercemar feses.

Kenyataannya, walaupun Anda mungkin rajin mandi, rata-rata orang mempunyai sekitaran 0,14 gr kotoran yang melekat di bokongnya. Bila terbilas air saat berenang, pasti residunya bisa mencemarkan air kolam renang. Terutama bila ada perenang yang sedang diare saat berenang. Kotoran manusia memiliki kandungan juta-an kuman.

2. Muntaber

Muntaber (gastroenteritis) sesudah berenang secara umum disebabkan karena barisan bakteri yang serupa dengan diare. Langkah kerjanya juga sama. Beberapa parasit ini diketemukan dalam kotoran manusia, hingga dapat menebar saat Anda tidak menyengaja menelan air kolam renang yang tercemar tinja.

Muntaber mengakibatkan usus meradang, yang selanjutnya memunculkan rangkaian tanda-tanda permasalahan pencernaan. Dimulai dari sakit di perut, perut kram, diare, muntah dan mual, sampai demam yang terjadi dengan bertahap lebih dari 1-2 hari sesudah berenang. Tanda-tandanya dapat berjalan sampai 5-10 hari.

3. Swimmer’s Ear

Telinga yang kemasukan air saat berenang mempunyai potensi mengakibatkan infeksi telinga yang disebutkan dengan swimmer’s ear. Swimmer’s ear adalah resiko penyakit di kolam renang yang terjadi karena kelembapan dari tersisa air dan bakteri Pseudomonas aeruginosa yang terjebak dalam telinga setelah berenang.

Kuman dan bakteri yang berkembang biak semakin makin tambah meluas dalam telinga Anda bisa mengakibatkan telinga lebam dan kemerahan yang terasa panas ngilu, bahkan juga dapat keluar nanah.

Pada kasus ekstrim, infeksi ini dapat menyebabkan demam dan rasa ngilu yang menyebar di wajah, kepala, dan leher, sampai pengurangan pendengaran.

4. MRSA

MRSA (methicillin-resistant Staphylococcus aureus) adalah semacam kuman staph yang resisten pada antibiotik tertentu. Mayoritas infeksi MRSA adalah infeksi kulit (jerawat, bisul) yang kemungkinan dipandang seperti gigitan laba-laba; warna merah, lebam, ngilu, hangat waktu dipegang, dan bernanah; dibarengi demam.

MRSA tidak tahan lama di air kolam renang yang berkadar pH pas (7,2 – 7,8) dan telah disterilkan dengan kaporit. Tidak ada laporan MRSA yang menebar lewat contact sama air wisata. Namun, MRSA bisa ditebarkan di air kolam renang dan sarana yang lain lewat contact langsung dan tidak langsung dengan pengunjung yang lain terkena MRSA.

5. Hepatitis A

Hepatitis adalah infeksi hati yang disebabkan karena virus. Tetapi sementara ada beberapa type hepatitis, cuman ada satu yang mempunyai potensi mencemarkan air kolam renang — hepatitis A.

Hepatitis A disebarkan dari 1 orang pada orang yang lain melalui makanan, minuman, atau air yang tercemar feses memiliki kandungan virus. Anda dapat terjangkit hepatitis A dari menelan air kolam renang yang tercemar saat ada seorang yang sakit hepatitis tidak menyengaja bab di kolam.

Rata-rata orang mempunyai sekitaran 0,14 gr kotoran yang melekat di bokongnya yang bila turut terbilas saat berenang bisa turut mencemarkan air kolam.

Nah, sahabat kedokteran itu adalah 5 Penyakit yang Bisa Menyerang Anda di Kolam Renang. Semoga bermanfaat ya. Tetap stay healthy dan stay safe ya!