5 Manfaat Menulis Untuk Kesehatan

5 Manfaat Menulis Untuk Kesehatan

5 Manfaat Menulis Untuk Kesehatan – Kapan terakhir kali Anda menulis suatu hal? Menulis apa saja di atas kertas, dan bukan menulis e-mail atau laporan di komputer atau handphone?

Menulis akan memberi manfaat tertentu untuk kesehatan, khususnya kesehatan psikis Anda. 

Bila Anda telah lama tidak melakukan, Anda kemungkinan wajib melakukan praktek menulis lebih dulu. Entahlah dengan menulis tulisan gesture (sharing) sama seperti yang Anda kerjakan pada buku harian, atau mungkin dengan menulis jurnal rasa syukur. 

Dengan adopsi rutinitas menulis tiap hari, Anda bisa rasakan kepuasan tertentu serta kemungkinan Anda akan tertolong untuk bawa peralihan besar dalam kehidupan Anda. 

Berikut 5 Manfaat Menulis Setiap Hari Untuk Kesehatan

1. Membantu Memulihkan Emosi

Mengekspresikan emosi lewat kalimat bisa percepat pengobatan. Menulis perasaan dan pikiran Anda sesudah kejadian traumatis betul-betul bisa membuat cedera fisik bisa lebih cepat pulih, menurut sebuah studi oleh periset di Selandia Baru. 

Dalam studi ini, peserta yang sempat alami ambil biopsi kulit ditugaskan untuk menulis sebuah catatan berkenaan pemikiran paling dalam mengenai apa saja selainnya hati atau kepercayaan mereka.

Selanjutnya, sesudah dua minggu, beberapa periset memperhatikan perkembangan siswa cedera yang berada di badan mereka. 

Dan hasilnya adalah, mereka yang menulis tulisan gesture alami rekondisi bisa lebih cepat dibanding mereka yang dilarang menulis mengenai hati mereka.

2. Mengubah Cara Berpikir Pasien Kanker Pada Penyakit Mereka

Sebuah studi tahun 2008 dalam jurnal The Oncologist memperlihatkan jika tulisan gesture bisa menolong pasien kanker dengan mengganti langkah berpikir, sekalian tingkatkan kualitas hidup mereka. 

Pada penemuan awal studi, sebuah latihan menulis sepanjang 20 menit dapat mengakibatkan peralihan langkah berpikiran banyak pasien berkenaan penyakit mereka.

3. Membuat Anda Lebih Terorganisir

Saat Anda mengenali rasa cinta dan berkemauan untuk menulis. Anda akan usaha untuk tempatkan agenda menulis di selang beberapa hari Anda lebih terancang. Penulis yang tersukses akan membuat agenda untuk menulis dan betul-betul menempatkannya di kalender.

Lakukan hal tersebut akan menolong Anda menjaga agenda sehari-harinya. Bukan hanya pada kegiatan menulis, tetapi Anda akan terorganisir dan efektif dalam sektor lain dalam kehidupan Anda.

4. Membantu Untuk Tertidur

Menghabiskan waktu 15 menit pada malam hari, hanya untuk menulis apa yang Anda sukuri bisa membuat fenomena pada tidur Anda, menurut sebuah studi “Applied Psychology: Health and well-being”. 

Beberapa periset mendapati jika peserta study yang tuliskan beberapa hal yang mereka syukuri saat sebelum tidur mempunyai kualitas tidur yang bagus serta lebih panjang, melapor Psychology Today.

5. Membuat Anda Berbicara Lebih Lancar

Mayoritas ini disebabkan karena kenaikan kosakata dan pengasahan bahasa yang stabil. Terhitung koreksi, yang membuat Anda makin pahami dasar gaya bahasa yang betul. Ditambah lagi, usaha Anda untuk mendapati kalimat alternatif pada beberapa ide simpel tidak mati saat beralih dari tulisan Anda ke dunia nyata.

Pada akhirnya, Anda semakin lebih optimis saat bicara. Anda akan memberi warna kalimat Anda dengan diksi yang lembut dan positif, hingga bisa punya pengaruh dalam pembicaraan.

Nah, sahabat kedokteran, itu adalah 5 Manfaat Menulis Untuk Kesehatan.  Jangan lupa menulis setiap hari ya. Tetap stay healthy dan stay safe ya!