Informasi alat medis dan dunia kedokteran

Informasi alat medis dan dunia kedokteran

5 Manfaat Dari Talas

5 Manfaat Dari Talas

5 Manfaat  Dari Talas  – Anda kemungkinan tidak asing dengan beragam olahan dari talas, dimulai dari kue sampai keripik. Walau tidak setenar umbi lain, kandungan talas tawarkan banyak faedah untuk kesehatan. Baca penjelasannya pada artikel di bawah ini. 

Talas (Colocasia esculenta) adalah tipe umbi akar yang dari Asia Tenggara dan India, tapi sekarang dapat dicicipi di penjuru dunia. Umbi ini mempunyai warna yang bermacam bergantung tempat tumbuhnya, seperti ungu, merah, sampai putih.

Talas kerap dibanding dengan tanaman herbal bertepung yang lain, seperti akar konjak atau glukomanan. Dikenali untuk sumber energi, berikut ini kandungan nutrisi yang diperlukan tubuh dalam 100 g talas. Talas mempunyai rasa yang renyah dan sedap, dan sangat bermanfaat bagi tubuh. 

Berikut adalah manfaat talas bagi   kesehatan.  Cari info triknya dengan ikuti newsletter kami. Daftar yok!

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Salah satu manfaat talas yang dapat Anda dapatkan adalah mempertahankan kesehatan pencernaan. Ini, talas adalah umbi-umbian dengan pati resisten yang bagus untuk kesehatan usus. Pati resisten bisa tingkatkan kesehatan usus karena peragian usus besar menghasilkan semakin banyak bakteri baik. 

Bakteri usus yang sehat bisa menahan sembelit dan perut kembung. Bagaimana tidak, pati yang ini difermentasi secara perlahan-lahan hingga mengakibatkan gas semakin sedikit dibanding serat yang lain.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Berkat kandungan serat pada talas, Anda bisa juga turunkan berat tubuh dengan masukkan umbi-umbian ini pada menu diet. Ini rupanya ditunjukkan melalui riset yang termuat dalam Annals of Intern Medicine.

Riset itu memperlihatkan jika makan 30 gr serat tiap hari bisa menolong Anda turunkan berat tubuh. Langkah simpel ini kemungkinan tidak sebagus dengan diet sulit yang lain, tapi bisa penuhi keperluan serat harian Anda.

Disamping itu, kandungan serat dalam talas membuat Anda merasa kenyang semakin lama. Walau demikian, kandungan kalori dalam talas lumayan tinggi, hingga Anda kemungkinan perlu waspada saat mengkonsumsinya untuk menahan peningkatan berat tubuh.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Talas adalah sumber serat yang mempunyai manfaat untuk kesehatan jantung. Konsumsi seratnya bukan hanya disambungkan dengan pengurangan resiko penyakit jantung, tetapi menolong turunkan tekanan darah dan kolesterol.

Sebagai contoh, serat terlarut yang dimakan mempunyai potensi kurangi LDL (cholesterol jahat) walau cuman sedikit. Penemuan ini rupanya melewati tingkat yang diraih dengan diet rendah lemak jemu dan kolesterol. 

Saat itu, serat tidak terlarut dapat menghalangi perubahan penyakit kardiovaskular ke orang yang beresiko tinggi. Bahkan juga, kandungan antioksidan dalam talas menolong menantang kerusakan radikal bebas dan melindungi badan dari penyakit.

4. Mengendalikan Tekanan Darah

Tahukah Anda jika 100 g talas rupanya memiliki kandungan sekitaran 448 gr kalium mempunyai manfaat untuk tekanan darah? Bukan rahasia kembali jika kandungan kalium terhitung elektrolit yang diperlukan badan untuk mengontrol tekanan darah. Masalahnya kalium menolong melemaskan dinding pembuluh darah dan turunkan tekanan darah.

Dikutip dari Harvard Health, konsumsi kalium yang rendah dihubungkan dengan kenaikan tekanan darah dan resiko stroke. Saat itu, pasien hipertensi bisa turunkan tekanan darah sistolik dengan konsumsi makanan tinggi kalium. Ingat banyak penyandang hipertensi yang disarankan untuk turunkan berat tubuh, pikirkan makanan berkalium tinggi tetapi rendah kalori dan karbohidrat.

5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Seperti yang telah disebut awalnya, talas adalah umbi-umbian dengan akar yang memiliki kandungan pati resisten dan kaya serat. Ke-2 zat nutrisi dalam talas ini memiliki manfr berbentuk mengontrol kandungan gula darah. 

Ini ditunjukkan melalui riset dari Journal of the American Board of Family Medicine. Riset itu menunjukkan jika diet tinggi serat bisa menolong turunkan kandungan gula darah puasa dan hemoglobin A1C.

Artinya, ke-2 faktor itu menjadi tanda baik dari pengaturan gula darah periode panjang. Ditambah lagi, pati resisten sudah bisa dibuktikan tingkatkan sensitivitas hormon insulin yang bekerja mengusung gula dari saluran darah ke arah sel.

Kenaikan sensitivitas insulin bisa menolong badan tingkatkan kontrol gula darah, hingga resiko penyakit diabetes juga turut menyusut.

Nah, sahabat kedokteran itu adalah 5 manfaat dari talas.

Tetap stay healthy dan safe ya!