Informasi alat medis dan dunia kedokteran

Informasi alat medis dan dunia kedokteran

5 Cara Alami Tingkatkan Hormon Serotonin dalam Tubuh Agar Lebih Bahagia

5 Cara Alami Meningkatkan Hormon Serotonin dalam Tubuh Agar Lebih Bahagia

5 Cara Alami Meningkatkan Hormon Serotonin dalam Tubuh Agar Lebih Bahagia – Sebagai hormon yang bisa membuat situasi hati jadi lebih baik, peran serotonin penting dalam kehidupan.

Kekurangan senyawa kimia yang bekerja untuk bawa pesan antara sel otak ini, bisa mengakibatkan situasi hati lebih buruk. Agar hal itu tidak ada, kenali cara-cara tingkatkan hormon serotonin di sini. Langkah tingkatkan hormon serotonin dengan alami

Hormon serotonin di tubuh Anda sebenarnya dapat dicegah dengan konsumsi beberapa obat. Namun, kemungkinan besar obat-obatan yang Anda konsumsi dapat membuat Anda bergantungan pada obat.

Oleh karena  itu, coba langkah alami untuk tingkatkan hormon serotonin tanpa mengonsumsi  obat untuk menghindari resiko ketergantungan.  Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan:

1.Konsumsi Makanan yang Kaya Karbohidrat

Keberadaan hormon serotonin pada tubuh membesarkan kesempatan Anda untuk menjalani hari dengan bahagia dan gembira.  Nah, salah satu langkah untuk meningkatkan hormon serotonin dengan alami adalah dengan memperhatikan pola makan Anda.

Konsumsi makanan yang memiliki kandungan asam amino yang dikenali sebagai triptofan  yang bisa menambahkan  hormon serotonin dalam tubuh Anda.

Menurut sebuah riset dari Journal of Nutrition and Food Sciences triptofan, hal tersebut tidak langsung meningtingkatkan serotonin. Namun, membutuhkan kontribusi makanan yang kaya karbohidrat.

Ini karena karbohidrat yang telah berupa gula dalam saluran darah mengakibatkan produksi insulin semakin banyak. Lantas, insulin itu akan menolong percepatan peresapan asam amino dan meninggalkan triptofan dalam tubuh.

2. Rutin Berolahraga

Selain mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dan asam amino, teratur olahraga menjadi satu diantara langkah alami untuk menigkatkan hormon serotonin. Ini ditunjukkan lewat beberapa riset yang diringkas dalam sebuah artikel dari Journal of Psychiatry and Neuroscience.

Dalam artikel itu, beberapa periset setuju jika teratur olahraga bisa melepas senyawa triptofan ke darah dan mengurangi jumlah asam amino.

Olahraga membuat senyawa triptofan dilepaskan dengan jumlah yang banyak ke otak Anda. Disamping itu, ada riset yang mengutarakan jika olahraga bisa tingkatkan situasi hati pasien, khususnya dengan tipe olahraga aerobik.

3. Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi

Bagi masyarakat negara yang alami empat musim, yakni musim semi, panas, luruh, dan salju, hormon serotonin akan turun mencolok saat masuk musim dingin.

Hal itu rupanya benar-benar erat berkaitan dengan produksi hormon serotonin yang kurang karena tidak memperoleh cahaya matahari yang cukup.

Menurut sebuah riset dari Innovations in Clinical Neuroscience, sinar matahari telah bisa dibuktikan menjadi langkah tingkatkan hormon serotonin di tubuh.  Ini kemungkinan karena cahaya matahari yang diserap kulit alami proses sintesis jadi serotonin.

4. Pijat Refleksi

Tahukah Anda jika pijat refleksi dapat menjadi satu diantara langkah untuk menolong tingkatkan hormon serotonin dengan alami? Sama seperti yang dikutip dari situs Mayo Clinic, lakukan pijatan sepanjang 60 menit rupanya bisa turunkan hormon kortisol di tubuh Anda.

Hormon kortisol adalah tipe hormon yang dibuat saat tubuh sedang depresi atau ada dalam tekanan. Bila terjadi pengurangan hormon kortisol, serotonin umumnya akan bertambah dan membuat suasana hati Anda jadi lebih bagus.

Ini kemungkinan karena pijatan membuat Anda lebih santai dan tingkatkan kesadaran di antara pemikiran dan badan Anda. Bahkan juga, lewat pijatan Anda dapat mendapat kembali keyakinan diri yang lenyap karena situasi hati yang buruk.

5. Memakai Minyak Esensial

Penggunaan minyak esensial untuk menolong menangani beragam permasalahan kesehatan sudah dilaksanakan berratus-ratus tahun lalu. Bahkan juga, minyak esensial diperkirakan bisa meningkatkan hormon serotonin dan membuat suasana hati Anda lebih bagus.

Ini ditunjukkan melalui sebuah riset dari Frontiers in Pharmacology. Dalam riset itu dipakai tikus eksperimen berjenis kelamin jantan yang diberi minyak esensial lavender dan ylang- ylang. Hasilnya, ke-2 minyak fundamental itu memperlihatkan jika ada kenaikan hormon serotonin dalam otak tikus itu.

Kesimpulan

Oleh sebab itu, bisa diambil kesimpulan bahwa jika minyak fundamental, khususnya lavender dan ylang-ylang, dapat mengganti suasana hati Anda. Meskipun begitu, masih dibutuhkan riset selanjutnya apa dampaknya akan sama bila diterapkan ke manusia.

Nah, sahabat kedokteran itu adalah 5 Cara Alami meningkatkan Hormon Serotonin dalam Tubuh Agar Lebih Bahagia.